Pra Raker II: Harapan di Tengah Pusaran Revolusi Industri 4.0


ditulis oleh :  
  |   (pba.inaifas.ac.id | diposting - 1 tahun lalu)
0 Comments
0

PBA INAIFAS, Jember – Mengelola perguruan tinggi perlu tenaga dan pemikiran yang proporsional. Tidak bisa berpijak pada selera. Inilah yang membuat INAIFAS Kencong Jember harus melakukan raker (rapat kerja) untuk merancang program kerja (proker) dari tahun ke tahun. Diawali Raker I tahun 2018 setelah pergantian jabatan di lingkungan INAIFAS, kali ini pra raker untuk menuju Raker II dilaksanakan pada 20-21 Agustus 2019 dalam bentuk rancangan awal yang selanjutnya dipanelkan pada acara Raker II.

Acara pra raker II ini dilakukan dengan cara mempresentasikan program kerja dari garis struktural paling bawah sampai tingkat rektorat. Program-program strategis, baik itu penguatan sektor pendidikan, penelitian, pengabdian, kerjasama, dan sebagainya diakumulasi menjadi rencana strategis yang akan dilakukan pada tahun akademik 2019/2019 merujuk pada Rencana Strategis (Renstra) INAIFAS 2018-2021. Rektor INAIFAS Rijal Mumazziq Z. dalam sambutannya mengharapkan agar pra raker II ini menjadi pijakan untuk mengetahui “lahan garap” dari semua lini struktural untuk memajukan kampus INAIFAS.

Beberapa hal yang menjadi bahasan pra raker II ini berkisar tentang sektor pendidikan, di mana kurikulum hingga pembelajaran di kelas harus seirama dengan perkembangan kekinian dalam industri 4.0. Meng-update kurikulum ini oleh Wakil Rektor I Asnawan dianggap perlu dan sebagai wujud realisasinya akan diadakan pelatihan merancang kurikulum hingga pembelajarannya untuk semua prodi yang direncanakan minggu ke-II September 2019. Sedangkan pada sektor penelitian, dalam pra raker II ini diutamakan pada peningkatan produktifitas karya penelitian dosen dan pendanaannya, termasuk untuk pengabdian yang akan lebih banyak melibatkan mahasiswa. Sedangkan pada sektor kerjasama, INAIFAS akan meningkatkan hasil kerjasama luar negeri, khususnya dengan KUPU Brunei, dalam hal silang mahasiswa-dosen dan bidang penelitian/pengabdian/penulisan jurnal.

Baca juga :  Sosialisasi PPL II: Menjadi Pendidik Kreatif-Inovatif

Apa yang ditawarkan PBA INAIFAS pada pra raker II ini? Cukup banyak. Di antaranya, Kaprodi PBA INAIFAS menawarkan pembaharuan kurikulum di PBA INAIFAS agar berbasis pada produk. Dengan cara ini, dosen dan mahasiswa akan dipacu untuk semakin produktif dalam menciptakan karya keilmuan sekaligus memupuk jiwa peneliti yang kreatif. Sebagai contoh mahasiswa akan diminta membuat alat peraga pembelajaran bahasa Arab, video percakapan bahasa Arab, alih bahasa teks Arab, menciptakan karya usaha, dan sebagainya. Di sisi lain, kemajuan PBA INAIFAS juga akan ditunjang dengan basis teknologi pembelajaran (e-learning), referensi (digital library), UTS/UAS online (e-test), TOAFL, dan sebagainya. Dan tak kalah menarik lagi, program HMPS akan semakin dimantabkan dengan mendelegasikan mahasiswa ke mitra kerjasama untuk memberikan kursus bahasa Arab gratis di MA radius 10 km dari kampus INAIFAS.

Semua program struktural ini pastinya membutuhkan biaya yang sangat besar. Sebab itu, semua pihak menyepakati agar dibentuk Badan Usaha Milik Kampus (BUMK) sebagai wujud dari mesin pencari modal. BUMK ini nantinya akan melakukan pemetaan “ladang hijau” baik di internal maupun eksternal kampus dengan sistem investasi modal yang akan dirupakan dalam jenis-jenis usaha. Memang hasilnya tidak bisa diunduh sekarang, namun paling tidak benih sudah ditanam.

Ikuti kami